2.1.12

Job Sheet Praktikum Mata Kuliah Multimedia: Silabi D4 MBI dan D4 AB Terapan

Job#1 : Iklan Radio
Buatlah iklan radio dengan durasi 1‘+ 20% toleransi. Iklan menggambarkan keunggulan produk ataupun Jasa. Produk iklan adalah produk komersial yang ada dipasaraan, kaidah iklan menjunjung tinggi nilai estetika (tidak boleh merendahkan kompetitor secara vulgar), memyimpang dari kenyataan. Ide cerita yang diangkat tidak boleh meniru ide dasar iklan komersial yang ada dan merupakan karya orisinil Anda. Waktu pekerjaan job-sheet adalah 3 Minggu (6 x pertemuan tatap muka kelas).

Kriteria Penlilaian :
Kompetensi dengan Nilai A adalah apabila iklan audio yang buat memiliki minimal noise, kejernihan suara minimal standard dengan 44.100 Herz Stereo, 24 Bit Depth. Alunan back-sound jelas dan tidak infersi dengan sound utama (prolog, dioalog). Masalah disempaikan dengan jelas melalui dialog yang muncul bersifat prersuasif disampaikan dengan implisit maupun eskpisit pada audience (lebih disukai). Iklan memiliki penutup sebagai solusi masalah. Kompetensi dengan Nilai B apabila hanya 75% dari muatan kompetensi Nilai A yang terpenuhi. Tidak Kompeten dengan Nilai C apabila hanya 60% dari kompetensi Nilai A yang terpenuhi, Tidak kompeten dengan Nilai D, E tidaj didefiniskan.


Job#2 : Logo Perusahaan
Buatlah Logo perusahaan jasa entertine Anda, Logo dikerjakan dengan perangkat lunak pengolah vektor, kasus logo memberikan dasar warna solid, ornamen yang muncul pada logo mencerminkan filosofi dari konsep wirausaha (perusahan) jasa produksi yang Anda kembangkan. Waktu pekerjaan 2 Minggu (4 x pertemuan tatamuka kelas.)

Kriteria Penilaian
Kompetensi dengan Nilai A adalah apabila logo memiliki kejelasan filosofi warna, kerapian dan estetika desain, kesesuaian ornamen logo dengan konsep filosofis bisnis Anda. Kompetensi dengan Nilai B apabila hanya 75% dari muatan kompetensi Nilai A yang terpenuhi. Tidak Kompeten dengan Nilai C apabila hanya 60% dari kompetensi Nilai A yang terpenuhi, Tidak kompeten dengan Nilai D, E tidaj didefiniskan.


Job#3 : Animasi Loading
Buatlah Animasi Loading untuk Video Anda. Animasi loading dapat berupa Countdown Anime, Progres Anime, Waiting for Video Time. Format video dapat dikembangkan dengan format .GIF maupun .SWF, dan .VFP maupun format lainnya yang kometibel dengan aplikasi video editing yang ada. Waktu Pekerjaan 2 Minggu (4 Pertemuan).


Kriteria Penilaian
Kompetensi dengan Nilai A adalah apabila “loading anime” memiliki konsep yang jelas berupa urutan struktur loading, alur cerita loading, alur progres loading, memliki kerapian transisi loading, mewujudkan kreatifitas adanya dan ide baru yang berisifat orisinil. Kompetensi dengan Nilai B apabila hanya 75% dari muatan kompetensi Nilai A yang terpenuhi. Tidak Kompeten dengan Nilai C apabila hanya 60% dari kompetensi Nilai A yang terpenuhi, Tidak kompeten dengan Nilai D, E tidak didefiniskan.

Job #4 : Video Iklan (Penilaian Mid Semester)
Buatlah Video Advertising yang memberikan deskripsi munculnya produk baru (iklan produk yang belum dikenal). Produk maupun Jasa Iklan berasal dari home industri, perusahaan jasa konsultan,  produk UKM. Produk objek iklan berada pada fase introducing dari siklus hidu produk (PLC). Iklan bersifat ajakan dan menyelesaiakan masalah. Model dalam Video Iklan adalah teman Anda dalam satu Kelas. Pengabilan Scene iklan dikelola Anda secara mandiri, scane di-ambil menggunakan kamera produksi kampus, namun dengan properti yang disediakan sendiri.  Alur scene dimanajemen dengan perangkat lunak Video Editing Populer. Durasi iklan adalah minimal 1 menit sampai 2,5 menit maksimal. Penyelesaian pekerjaan job-sheet #4 dengan waktu 1 bulan (16 x pertemuan tatap muka).





Kriteria Penilaian
Kompetensi dengan Nilai A adalah apabila Produk Video iklan memiliki skenario alur yang kuat menncerminakan adanya alur masalah dan penyelesaiannya secara lugas. Produk video iklan memliki balancing warna dan pencahayaan cukup yang sesuai dengan kebutuhan. Scane Implisit diberikan konformasi maksud tujuan. Video memiliki muatan kreatif dan kebaruan konten. Kompetensi Nilai B apabila hanya 75% dari muatan kompetensi Nilai A yang terpenuhi. Tidak Kompeten dengan Nilai C apabila hanya 60% dari kompetensi Nilai A yang terpenuhi, Tidak kompeten dengan Nilai D, E tidak didefiniskan.











Job#5 : Film Pendek (Ujian Final Semester)
Buatlah sebuah Film Pendek dengan pilihan tema LAYANAN MASYARAKAT sebagai berikut :
[1]    HARI GINI, BERANI JUJUR ITU HEBAT
[2]    MARI BERTANGGUNG JAWAB DALAM SIKAP KITA
[3]    MEMBANGUN ETIKA DALAM PERGAULAN
[4]    CINTAI BUMI, JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN
[5]    HIDUP SEHAT TANPA ROKOK
[6]    KESETIAKAWANAN SOSIAL
[7]    PENTINGNYA PENDIDIKAN DASAR 12 TAHUN
[8]    POTRET KEMISKINAN DAN PENGANGURAN DI NEGARAKU
[9]    POTRET PEMBANGUNAN INDONESIA  
[10]  AYO MENABUNG
[11]  GERAKAN MAHASISWA ANTI MENCONTEK
[12]  AKU CINTA PRODUK INDONESIA
[13]  HEMAT ENERGI SEBUAH TABUANGAN BAGI GENERASI KEDEPAN
[14]  BALI NDESO MBANGUN NDESO
[15]  ANAKKU SEHAT DENGAN POSYANDU
[16]  BUKU DAN SAINS ADALAH SAHABATKU
[17]  FENOMENA SOSIAL NETWORKING
[18]  MARI BERWIRAUSAHA
[19]  MARI KITA ISI KEMERDEKAAN, AYO BERPRESTASI!
[20]  PEMANASAN GLOBAL
[21]  MENIKAH CUKUP UMUR
[22]  KUNJUNGI NEGERIKU TERCINTA INDONESIA
[23]  STOP KDRT ! KELUARGAKU ADALAH HARTA YANG TIDAK TERNILAI
[24]  GEMAR MEMBACA
[25]  HIDUP SEHAT TANPA NARKOBA
[26]  GERAKAN MASYARAKAT SADAR KOPERASI
[27]  INDONESIA KREATIF: GERAKAN INDUSTRI KREATIF NASIONAL


Dari pilihan tema diatas a) kembangkan alur sekenario sesuai dengan tema yang anda pilih. b) aktor dalam video anda didefinisikan menurut kebutuhan projek mata kuliah “multimedia” c). Properti seperti baju dan perangkat pendukung dipersiapkan oleh mahasiswa. d) periksakan alur sekenario anda pada dosen pengampu “mata kuliah multimedia” untuk mendapatkan persetujuan sekenario dan pengabdilan gambar. Durasi Film yang ada buat Min. 10’ dan Maksimum 20’. e) buatlah DVD Case Cover seperti contoh; serta f) Buat pula Poster Film  A3 untuk mendukung Video Produksi Anda.
Waktu Pengerjaan 2,5 Bulan (20 x pertemuan tatap muka).

Alur Film Layanan Masyarakat yang Anda Kembangkan, memuat :
[1]  Tema dan Judul Film yang Ada Pilih 
Logo Usaha Anda (job-sheet #2).
[2]  Loading Anime (job-sheet #3).
[3]  Video Iklan (sponsor) yang dikembangkan dalam Job-Sheet #4
[4]  Video Utama Tema “Layanan Masyarakt”
[5]  Testiomoni Masyarakat dan Umum mengenai Video Anda.
[6]  Behind The Scene – potongan-potongan kesalahan adegan pengambilan film
[7]  Profil dan Job Diskripsi Tim
[8]  Ucapan Terimakasih.

NB : Dibuat dalam Format DVD yang dapat Dijalankan di player machine DVD dan dijelaskan dalam presetasi dan tanya jawab.

Contoh Film - 1  : Ido_MK-B_2011_PAPP


Kriteria Penilaian
Kompetensi dengan Nilai A adalah apabila Produk Film memiliki alur skenario yang runtut untuk disampaikan serta memiliki pesan yang mudah ditangkap, memenuhi kelengkapan komponen projek film yang didefiniskan pada job-sheet#5. Kompetensi dengan Nilai B apabila hanya 75% dari muatan kompetensi Nilai A yang terpenuhi. Tidak Kompeten dengan Nilai C apabila hanya 60% dari kompetensi Nilai A yang terpenuhi, Tidak kompeten dengan Nilai D, E tidak didefiniskan.

Newer Prev Home