22.12.12

Utilitas Bag. 4 : Berbagi File Dokumen dan Internet Share menggunakan Wifi pada Laptop

ARTIKEL KOMPUTER BISNIS # 11
Konsep berbagi Sumber daya dengan memanfaatkan fasilitas Wifi Laptop masih jarang digunakan, kurang diminati daripada berbagi dengan flashdisk. Bagaimana Melakukan Sharing Sumber daya file dan printer melalui perankat yang tersedia di Windows kita? Ketika kita bekerja bersama secara simultan dalan pekerjaan kelompok (tim work) maka membutuhkan media simpan seperti flash disk yang harus dipindah-pindahkan untuk berbagi file modul agar dapat disatukan (diintegrasikan) dalam projek kerja tim. Sebenarnya ada cara yang lebih praktis dalam berbagai file kerja selain dengan memindah-mindah flash disk. Yaitu dengan membuat koneksi ad hoc pada laptop kita. Berikut langkah membuat koneksi ad hoc pada OS Windows 7.

  • Klik jalur sebagai berikut : Start Menu >>> Control Panel >> Control Panel > Network and Internet [ Network and Sharing Center ] --- Manage Wireless Networks; atau dapat dicari dari klik kanan icon wireless network anda, CATATAN : Jangan lupa nyalakan dulu wireless anda!
  • Klik add untuk memilih : create ad hoc connection.
  • Isi Nama jaringan, Security Type isikan: WEP, lalu isi security key dengan pilihan karakter 5 sd 13 digit secara unik. Setelah menentukan password, jangan lupa dicatat dan dibagikan kepada pengguna PC/ Laptop lainnya yang akan melakukan koneksi jaringan bersama.



Selanjutnya jika koneksi itu di salah satu laptop host mempunyai koneksi internet, maka wizard akan bertanya apakah koneksi internet itu akan disharing atau tidak, anda bebas memilih. Untuk melakukan sambungan Internet, jangan lupa pastikan properties modem setting pada tab sharing connection telah tercentang. 
Sharing Connection pada Modem
















[Lihat video tutorial di Bawah]


Mengaktifkan Sharing File dan Printer
Langkahnya adalah anda ikuti patch ini : Control Panel\All Control Panel Items\Network and Sharing Center\Advanced sharing settings; lalu anda setting sebagai berikut
Network Discovery >> Turn on Network Discovery
File and Printer Sharing >>Turn on File and Sharing Printer
Password protected sharing >> Isikan menurut kebutuhan keamanan



Melakukan sharing files and Folder
Cukup klik kanan folder yang akan disharing, lalu klik share with, lalu klik specifik people
Pada drop down pilihan, pilih everyone dan klik add
Lalu klik share.

















untuk mendefinisakan user aktif maupun semua orang dan ijin akses anda dapat mendefiniskannya seletah menekan tombol Share. Pilihlan Everyone untuk memberikan hak akses pakai folder anda pada rekan-rekan anda. Selamat mencoba.












Praktikum 1:
Melakukan Pengiriman File Melalui Wifi Laptop
Perhatikan Tutorial Berikut untuk melakukan Sharing Wifi Ad hoc



Sumber Video: Youtube.

Praktikum 2:
Melakukan Sharing Modem melalui Wifi

Contoh Tutorial Niki Rahmadi, Sumber: Youtube.

Artikel Relevan Lainnya...

Newer Prev Home