8.8.12

Teknologi Scanner: Memahami Konsep OCR Scanner, 3D Laser - dan Memodifikasi Smartphone menjadi 3D Hologram

ARTIKEL KOMPUTER BISNIS # 07
Nilai manfaatan suatu produk tehnologi selalu berubah secara dinamis, sejalan dengan perkembangan sains dan inovasi atas discovery (temuan produk baru) yang diadaptasi untuk kebutuhan komersial masyarakat. Demikian Pula Dinamika Tehnlogi Scanner, yang semula hnya sebagai alat merekan image yang diadopsi melalui melalui konsep mesin copy yang hanya menghasilkan produk gambar (image) berkembangn menjadi tehnologi scanner yang mampu dirubah menjadi file menjadi doc, odt, pdf, xls yang kesemuannya mampu untuk diedit. Dinamika scanner terus berkembangan degan pendekatan laser 3D scanner dimana produk scanner telah mampu menggambarkan permukaan suatu tekstur material, melakukan analisis verktor pada relatif pont kemudian menterjemahkan menjadi objek 3D dalam berbagai sudut pandang.

Tehnologi OCR
OCR (Optical Character Recognition) merupakan teknologi scanning yang mampu mengalihkan file gambar ke dalam aplikasi program pengolah kata seperti MS Word, Excel, Acrobat Reader, dbase, Publisher, dan program lainnya yang Anda gunakan sehingga tidak perlu melakukan pengetikan ulang dari sumber dokumen tersebut. Hal ini sangat membantu Anda mempercepat pekerjaan mengetik dan mengalihkan dokumen cetak menjadi file digital. Teknologi OCR (Optical Character Recognition) adalah teknologi yang mengkonversi image (hasil scan atau foto) yang didalamnya mengandung teks hasil cetak mesin atau printer menjadi file dokumen teks yang dapat diedit kembali, misal dalam format word, excel, powerpoint, pdf searchable, dan txt. Pada awalnya, program OCR diperkenalkan Itellegent Machine Corp pada tahun 1959 di Amerika Serikat. Kemampuan baca hanya untuk satu jenis dan ukuran huruf saja dan digunakan untuk kebutuhan kerja pada lingkungan industri perbankan. Pada tahun 1966 dilakukan standarisasi huruf OCR. Standar di Amerika dikatagorikan sebagai OCR-A sedangkan untuk standar di negera eropa dikatagorikan sebagai OCR-B. baru pada awal tahun 1980 dilakukan standar baku internasional pada system OCR. Tahun 1993 teknologi Adaptive Recognition dikembangkan kedalam mesin jaringan dengan kemampuan baca akurat dan mampu mengenal setiap kerakter huruf selama proses OCR, termasuk informasi tentang ukuran huruf, tipe dan tingkat degradasi dari sebuah dokumen, seperti hasil cetak dari mesin faksimili. Tahun 1994 lahirlah program OCR yang lebih sempurna; konsep teknologi POWR (predictive optical word recognition) yang berkembang menjadai POWR ++ kemampuan OCR yang lebih dinamis. Tidak hanya dalam bentuk teks saja yang dapat diterjemahkan tetapi juga karakter algoritma pun dapat di kenali karena teknologi ini berbasis data secara matematik.



LINK DOWNLOAD:
Untuk memahami prosesnya lebih lanjut silahkan klick link ke: Qori Hidayatulloh
Free Download Omnipage 18 Profesional
http://jawa-crana.blogspot.com/2011/07/free-download-omnipage-18-profesional.html

Merubah File Hasil Scanner Menjadi File Teks dengan Software Free OCR to Word. [crypton97.us] Link
Free OCR to Word.
http://crypton97.us/blog/08/05/2012/free-ocr-to-word-software-gratis-berguna-merubah-file-hasil-scanner-menjadi-bentuk-file-berisi-teks/

Model Scanner Laser 3D
Scanner 3D merupakan terobosan tehnologi berupa perangkat yang menganalisa objek dunia nyata atau lingkungan untuk mengumpulkan data tentang bentuk dan mungkin penampilan (yaitu warna). Data yang dikumpulkan kemudian dapat digunakan untuk membangun digital, model tiga dimensi. Tehnologi ini mampu memberikan capture bentuk secara nyata suatu objek, keuntungan model dinamis scanner ini dapat digunakan untuk periset dipedalaman untuk mengidentifikasi suatu objek baru untuk dikrimkan melalui satelit sehingga dapat seger dianalisis dalam database labolatorium modern. Teknologi yang digunakan untuk membangun perangkat ini pemindaian 3D. Iplementasi alat ini juga digunakan secara luas oleh industri hiburan dalam produksi, maupun film dan video game. Aplikasi umum lainnya dari teknologi ini termasuk desain industri, orthotics dan prostetik, reverse engineering dan prototyping, kontrol kualitas / inspeksi dan maupun dokumentasi artefak budaya. (http://en.wikipedia.org/wiki/3D_scanner) seperti yang didesripsikan melalui video YouTube berikut :




Scanner dengan Tehnologi Panas dan Hologram
Scanner hologram Jenis scanner di mana seberkas cahaya (biasanya dari laser) dibelokkan oleh hologram berputar sehingga scan pesawat dalam banyak arah. Beberapa dari cahaya yang dipantulkan dari suatu objek pada atau dekat dengan alat scanner dikembalikan melalui hologram dan dibawa ke fokus pada sensor, sehingga mampu menghasilkan objek 3D berbasis pada projektor. Model scanner ini dikembangkan pada tehnologi kedokteran dikenal dengan PET. Positron Emission Tomography / Computed Tomography, atau PET / CT, adalah scanner khusus yang menggabungkan kedua teknologi PET dan CT menjadi satu kesatuan. Yang mana dalam dunia kedokteran akan dapat mendeteksi dan mengevaluasi berbagai jenis penyakit, misal: kanker dengan lebih awal dan akurat daripada tes pencitraan lain. PET / CT juga berguna dalam mendiagnosa kondisi neurologis. Melakukan PET dan CT dengan satu scanner menghasilkan gambar sempurna sehingga kelainan metabolisme terlihat pada PET, yang mana struktur anatomi ditampilkan pada CT.  tehnologi scanner ini (input device) dapat juga disambungkan dikelurakan meggunakan projektor hologram (output device).






Memodifikasi Smart Phone menjadi 3D Hologram.


Artikel Relevan Lainnya...


Newer Prev Home