17.1.13

Basis Data Sistem - Manajemen Dasboard Enterprise

ARTIKEL KOMPUTER BISNIS #12
Data merupakan fakta mengenai suatu objek seperti manusia, benda, peristiwa, konsep, iven yang belum memiliki arti sigbifikan. Data dapat dinyatakan dalam bentuk angka, karakter atau simbol, maupun notasi ilmiah sehingga bila data dikumpulkan dan saling berhubungan maka dikenal dengan istilah basis data (database). Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Video Tutor : Pengantar Komputer - D4MBI- A [Febrianto] 
Database, Informasi dan Sistem Informasi.


Sedangkan menurut George Tsu-der Chou basis data merupakan kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam aturan yang khusus. Informasi ini adalah data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan decision maker, karena ujung dari informasi (luaran sistem) adalah value chain enterprise dalam bentuk kemudahan dukungan pengambilan keputusan. Menurut Encyclopedia of Computer Science and Engineer, para ilmuwan di bidang informasi menerima definisi standar informasi yaitu "data yang digunakan dalam pengambilan keputusan".

Lingkungan basis data adalah sebuah habitat di mana terdapat basis data untuk bisnis. Dalam lingkungan basis data, pengguna memiliki alat untuk mengakses data. Pengguna melakukan semua tipe pekerjaan dan keperluan mereka bervariasi seperti menggali data (data mining), memodifikasi data, atau berusaha membuat data baru.  Data diorganisasikan kedalam bentuk elemen data (field), rekaman (record), dan berkas (file). Definisi dari ketiganya adalah sebagai berikut: 
a) Elemen data adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Misalnya data siswa terdiri dari NIS, Nama, Alamat, Telepon atau Jenis Kelamin. b) Record merupakan gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Istilah lain dari rekaman adalah baris atau tupel. c). Berkas adalah himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama.

TujuanObjektif basis data : a). Kecepatan dan Kemudahan-- Speed. b). Efisiensi storage -- space c). Keakuratan -- Accuracy) d) Ketersediaan -- Availability d) Kelengkapan -- Completeness e)Keamanan -- Security f) Bagi Pakai -- Sharability.

Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Manajemen Dasboard
Tujuan utama sebuah dashboard adalah untuk mempersiapkan diri untuk melakukan kebijakan perusahaan berdasarkan informasi data yang valid,melakukan prediksi untuk performansi dimasa yang akan datang, mempermudah dalam pengambilan keputusan. Keuntungan dengan adanya dashboard adalah mudah digunakan, penyajian data dalam bentuk visualisasi, dan yang lebih penting adalah memberikan sebuah ide tentang bagaimana membuat sebuah improvisasi dan solusi terhadap perubahan performasi yang sedang berlangsung.

Perangkat Lunak: Manajemen Dasboard

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=7HiE-xJYbzs

Fungsi dashboard untuk membantu dalam mengidentifikasi elemen-elemen kunci dalam sebuah perusahaan sehingga dashboard sangat berguna bagi perusahaan berdasarkam KPI (Key Performance Indicator) yang telah ditentukan, sperti halnya dalam konsep BSC. Dashboard adalah sebuah visualisasi data yang ditampilkan dengan cepat (biasanya dalam bentuk grafik) visual untuk mendapatkan deskripsi utuh organisasi atau seksi organisasi perusahaan mengalami trend kinerja.  Alasan strategis dari berkembangnya manajemen dasboard adalah; konsep kinerja yang teruukur dari management dashboard ini akan sangat membantu CEO dan top manajemen dalam proses pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Dengan hanya screen yang ada di depan mejanya dan beberapa klik, sang CEO dengan mudah dan real time bisa memantau semua aspek kinerja setiap divisi yang ada di perusahaan – mulai dari aspek finansial, aspek pelanggan, aspek proses bisnis dan aspek pengembangan SDM-nya.

Artikel Relevan Lainnya...

 

Newer Prev Home