29.5.11

Model Software Bantu Pengajaran pada Mata Kuliah E-Commerce

RESUME ARTIKEL PENELITIAN
Model Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah e-Commerce Pada Program Diploma melalui Pembuatan Software Bantu Pengajaran. MULTIMEDIA DESIGN FOR MULTIMEDIA INTERACTIVE TEACHING AIDS. Oleh : Iwan Hermawan, Publikasi Penelitian Dosen Muda 2008. RAGAM : Jurnal Pengembangan Humaniora // Volume 9 Nomer 3 . ISSN : 1412-1050.

Jurnal Ilmiah Lainnya... IwanPolines

[1] Alat Bantu Pemberajaran Mata Kuliah Projek PBE: Model Simulasi Multimedia
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 2 No. 1 ISSN: 1087-0868. Resume mengeni rancang bangun alat dukung pengajaran, serta pengukuran efektifitasnya dengan pendekatan statistik kuantitatif.
[2] Pengembangan Pendidikan dan Sosio Ekonomi Pada Pesantren Desa Ngrembel dan Unit Ekonomi Masyarakat di Sekitarnya.
Jurnal DIANMAS. Inovasi dan Aplikasi Ipteks. Volume 1 No.1 ISSN: 2089-9602. Publikasi Pengabidan Masyarakat di Desa Ngrebel dengan luaran rekayasa biogas portabel, pengebangan pendidikan PAUD, pembuatan koperasi pesantren, pengembangan pendekatan BCCT serta pengenalan TIK. Dengan luaran pengabdian masyarakt yang terukur.
[3] Katalog Produk 3D pada Industri Cinderamata Bubut Kayu Jati Sentra Jepon, Blora.
Jurnal Teknologi Informasi. Volume 1 No.1 Agustus 2010; ISSN: 2087-0868. Publikasi Pengabdian Masyarakat berupa pengebangan Tehnologi Katalog digital dan Prototipe 250 item Produk berbasis Pendekatan Visual 3D.
[4] Bagaimana Konsep dan Framework Membanggun e-Goverment di Indonesia.
Jurnal JAPBI . Januari 2005. ISSN: 1411-6871. Konsep pendekatan kerangka kerja mengembangkan e-Goverment di Indonesia berakar pada pendekatan kepuasan layanan publik dan Tata kelola IT (IT Good Governance).
[5] Audit Sistem Untuk Menilai Ketercapain Dukungan Layanan Sistem dan Pengawasan Manajemen berbasis COBIT pada Institusi. Jurnal Ilmiah. 2011. Mengembangkan pendekatan yang berakar melalui model COBIT pada konsep asitektur tehnologi dilingkungan lembaga pendidikan
[6] Disaster Recovery System Berbasis Framework Data Center pada Wide-Enterprise. Presentasi Seminar Nasional Manajemen V. ITS 2006. Prosiding ISBN 979-99735-2-X. Paparan makalah menjelaskan konsep strategis dari Framework DC Omar Zaidi dengan konsep pengengan terstruktur bagi manajemen disaster pada Wide Enterprise.
[7] Model Sofware Bagi Pengajaran pada Mata Kuliah E-Commerce; Pengabangan Model Pengajaran bagi Konten e-Learning. Publikasi Penelitian Dosen Muda. Tahun 2008. Jurnal RAGAM, Jurnal Pengebangan Humniora. Vol.9 No.3 ISSN:1412-1050. Konsep pendekatan kurikulum PBL pada Matakuliah e-commerce dalam rangka menjembatani keterbatasan infrastuktur dan simulasi.
[8] Locus of Control. Penelitian Sosio Ekonomi untuk mengukur Konsep LoC dalam Lingkungan Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Prestasi Akademik. Jurnal RAGAM: Jurnal Pengembangan Humaniora. Vol 9 No. 3 Desember 2009. ISSN: 1412-1050. Mengenai Konsep LOC bagi pendekatan pada area akademik dalam rangka peningkatan prestasi.
[9] Paradigma Perpustakan Digital berbasis pada Recomender System Mobile Media. Pengembangan Konsep Perpustakaan Digital yang ditiger menggunakan algoritma komponen prinsipal analisis (KPA) yang disebarkan menggunakan SMS. Telah terpublikasi dalam Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi.


PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat berkolaborasi dengan berbagai aspek kehidupan, termasuk didalamnya adalah lingkungan bisnis. Teknologi digital yang menyentuh arena bisnis tersebut berupa dinamika perdagangan on line dikenal dengan istilah e-commerce. Perkembangan teknologi dan kemudahan akses informasi pasar, akses investasi maupun akses modal dirasakan mampu merubah konsep dinamika bisnis global. Terlepas dari kesemuanya tidak dapat dipungkiri bahwa telah terjadi fenomena yang menarik mengenai sebuah perubahan konsep bisnis dalam bentuk e-commerce menjadi trend aktivitas bisnis populer. “e-commerce is a dynamic set of technologies, applications and business process that link enterprises, consumers and communities through electronic transactions and electronic exchange of goods, services and information.” (David Baum, 1999). Definisi tersebut menunjukkan bagaimana implementasi teknologi elektronik dan digital sebagai medium tercapainya proses dan sistem bisnis yang jauh lebih baik dari cara-cara konvensional (off line), khususnya dari segi manfaat bagi yang berkepentingan (stakeholders).

Kemampuan Indonesia berperan dalam dunia informasi bisnis secara on line, sangat bergantung pada jumlah komunitas terdidik. Kegagalan dalam meningkatkan jumlah orang terdidik di Indonesia melemahkan kemampuan Indonesia untuk berkiprah dan bertahan dalam memasuki era ekonomi digital. Dari dinamika perubahan paradigma bisnis dan teknologi yang berkembang, menciptakan perlunya akselerasi kurikulum dalam bidang pendidikan sebagai pencetak aset sumberdaya manusia, khususnya di bidang bisnis. Hal mendasar yang melatarbelakangi melakukan rancang bangun modul pembelajaran interaktif e-commerce, adalah keterbatasan sumber daya: berupa kompetensi dan kesamaan persepsi commerce pada calon pengajar mata kuliah tersebut, serta keterbatasan sumber pustaka siap pakai. Literatur yang menyinggung konsepsi e-commerce didominasi bahasa asing memerlukan alih bahasa menurut kebutuhan kurikulum pendidikan e-commerce Program Diploma. Kebutuhan sebuah modul interaktif pada Jurusan Administrasi Niaga (mengembangkan konten kurikulum pendidikan) dirasa sangat penting dan diperlukan sebagai alat bantu pengajaran. Modul interaktif E-commerce yang diangkat sebagai penelitian dosen muda ini adalah sebuah produk dalam bentuk Compact Disk Module (CD bootable) yang berisi materi dan konsep e-commerce meliputi definisi, konsep, internet, i-mall, web commerce, katalog virtual, CMS tansaksi online yang disimulasikan dalam bentuk animasi, dan penerapan dukungan aplikasi realtime transaksi online. Arah dari dikembangkannya perangkat modul digital adalah untuk menunjang penguatan kurikulum berupa penajaman mata kuliah untuk mendapatkan aspek kognitif–edukatif sebagai implementasi TIU (Tujuan Instruksional Umum) dan TIK (Tujuan Instruksional Khusus) dari mata kuliah electronic commerce yang ingin dicapai. Kebutuhan penyelenggaraan yang ada saat ini menyangkut dalam hal perangkat (infrastruktur), modul dan materi yang sesuai dengan kapasitas pemahaman commerce pada jenjang diploma yang dibutuhkan studi literatur yang diimplentasikan dalam pemahaman modul pada model digital berbasis audio–video. Pemetaan materi diarahkan pada aspek praktis dari matakuliah e-commerce, mengingat program studi masih pada pemahaman dasar, proses dan mekanisme kerja secara sederhana mengenai electronic commerce. Hal kritikal dalam pengebangan modle ini adalah terbentuknya modul interaktif yang mampu menjembatani kendala akses infrastruktur (keterbatasan jalur on line), komunikasi, dan pembelajaran interaktif.

Arah Pengembangan
Tujuan model penelitian perancangan ini adalah berupa modul simulasi interaktif pada mata kuliah e-commerce, penyajian konsep dan teori perkuliahan dengan merujuk literatur yang telah dibukukan dalam kurikulum dan silabi mata kuliah yang secara praktis memperdalam kopetensi dan transfer pemahaman e-commerce. Implentasi mata kuliah e-commerce adalah berupa mata kuliah paktikum, dimana mahasiswa akan dituntuk membuat produk aplikasi bisnis yang dapat digunkan sebagai model web-commerce, i-mall, reservasi online, catalog vritual mapupun aplikasi perniagaan lainnya. Aspek dasar mata kuliah e-commerce adalah perancangan, memahami HTML, PHP dan SQL, serta pengebangan model CMS pada aplikasi yang dikembangkan sebagai produk akhir mata kuliah. Sehigga produk penelitian rancang bangun ini adalah :

  1. Melakukan Kajian Feture Berbasis Kajian Statistik Analisis Model Kano dan cojoint untuk merumuskan featur dasar dan penunjang dalam kajian strategis aplikasi. Menjembatani aspek keterbatasan infrastruktur, keseragaman aspek materi dari penagajar dan keterbatasan referensi penyajian online.Membangun perangkat interaktif audio-video, serta compailing komponen model dalam bentuk file aplikasi interaktif .Membangun modul penunjang dalam bentuk .PDF dan web-based module, sebagai penunjang modul utama pendukung konten E-Learning (ELNINO) yang dikembangkan Politeknik Negeri Semarang.
  2. Melakukan penelitian aksi : berupa penelitian tindakan kelas untuk menguji produk hasil rekayasa dan dampaknya pada proses pembelajaran. Pendekatan kuantitatif yang digunakan adalah model ANOVA analisis. Produk luaran penelitian rancang bangun ini dapat digunakan pada Program Studi lainnya di Indonesia yang memiliki konten kurikulum Perniagaan Elektronik (e-Commerce).

Arah dari dikembangkannya perangkat modul digital adalah untuk menunjang perubahan kurikulum berupa penajaman mata kuliah untuk mendapatkan aspek kognitif–edukatif sebagai implementasi TIU (Tujuan Instruksional Umum) dan TIK (Tujuan Instruksional Khusus) dari mata kuliah electronic commerce yang ingin dicapai. Kebutuhan penyelenggaraan yang ada saat ini menyangkut dalam hal perangkat (infrastruktur), modul dan materi yang sesuai dengan kapasitas pemahaman commerce pada jenjang diploma yang dibutuhkan studi literatur yang diimplentasikan dalam pemahaman modul pada model digital berbasis audio – video. Pemetaan materi diarahkan pada aspek praktis dari matakuliah e-commerce, mengingat program studi masih pada pemahaman dasar, proses dan mekanisme kerja secara sederhana mengenai electronic commerce. Hal kritikal dalam penelitian ini adalah terbentuknya modul interaktif yang mampu menjembatani kendala akses infrastruktur (keterbatasan jalur on line), komunikasi, dan pembelajaran interaktif. Metode Pendekatan Perancangan



Penelitian ini, merupakan penelitian rancang bangun sebuah perangkat lunak, berupa modul interaktif e-commerce yang terukur efektifitasnya. Sehingga dalam metode penelitian yang dikemukakan adalah : a. Penelitian dimulai dengan pembahasan mengenai analisis kebutuhan umum dari literatur modul e-commerce yang disusuaikan dengan kurikulum yang telah ada. Tahapan ini merupakan proses perbendaharaan pustaka. Tahapan selanjutnya melakukan pensortiran dan pengelolaan literatur secara terstuktur. b. Melakukan pembuatan module files (file parsial) berdasarkan resume tema pada tiap bab yang disajikan dalam modul e-commerce. c. Membuat rancangan dan desain model halaman utama dan halaman penjelasan dari perangkat lunak interaktif yang akan dibangun, selanjutnya melakukan integrasi dengan module files yang telah dibuat sebelumnya. Rancangan yang dibuat dalam tahapan ini berupa desain output dan hyperlink. d. Video shooting dan capture screen, pembuatan animasi, pembuatan suara latar dan audio. Audio presentasi yang berisi informasi dari bab-bab yang dijelaskan. e. Mengembangkan modul ONLINE. f. Melakukan pembuatan software dari modul-modul terintegrasi, sehingga menjadi sebuah modul presentasi non linear dalam bentuk file aplikasi. g. Proses compile, pembuatan auto diskbootable serta melakukan pembakaran compact disk (CD), sehingga modul siap digandakan ulang maupun dipakai dalam proses belajar mata kuliah e-commerce sebagai alat bantu pengajaran. h. Membuat pendekatan statistik pada sampel (n=30) untuk mengukur efektifitas luaran produk hasil perancangan modul digital e-commerce. Model aplikasi pada produk luaran dibangun dengan menggunakan perangkat bantu pengolah audio (editing) dan video (editing) yang digunakan untuk mendapatkan target sasaran yang diinginkan sebagai luaran yang sejalan dengan objektif dari TIK pada masing-masing sub pembahasan modul. 1. Model Pendekatan Digital Pendekatan digital pada modul diarahkan pada dua pendekatan utama seperti ditunjukkan pada Gambar-2, berupa pendekatan berbasis situs, yang mana komponen utama model dalam bentuk text .PDF dikompresi menjadi desain halaman Website. Sedang pada pendekatan kedua semua komponen digenerate menjadi sebuah aplikasi terintegrasi yang dapat digunakan pada proses PBM.

Kedua pendekatan tersebut diterapkan dalam penelitian dosen muda ini untuk mendapatkan objektif dari tujuan yang akan dicapai dengan lebih efektif. Implementasi dari kedua modul adalah sinergi pada aspek materi yang dibahas dan menciptakan aspek database pada perbendaharaan kasus dan materi.

1. Implementasi Desain Produk (Luaran)
Pada tampilan aplikasi yang digenerate menggunakan Macromedia Director 8.0 dihasilkan aplikasi engine yang telah siap pakai (bootable) yang dibackup dan dikembangkan dengan media DVDkapasitas (space) 4.5 GByte. Aplikasi DVD yang ditawarkan terdiri dari aplikasi utama berbasis Macromedia dan aplikasi pendukung (Web-Modul). Tampilan halaman utama diawali dengan atribut dan indentitas nama penelitian, institusi dan hover button untuk masuk dalam aplikasi dan button untuk keluar dari aplikasi.

2. Pengujian Statistik Efektifitas
Pengujian dilakukan dengan melakukan dua pendekatan terhadap sampel kelas pada sekelompok mahasiswa (n=23) pada kelas yang mendapatkan mata kuliah e-commerce. Pendekatan dilakukan dengan melakukan pendekatan yang berbeda yaitu pengajaran konvensional dan pengajaran dengan menggunakan alat bantu (modul aplikasi). Pendekatan statistik menggunakan alat analisis Pair Sample T Test. Diperoleh hasil seperti tabel-4 berikut:

Dari Sig. yang di tunjukkan (<0,05), dapat disimpulkan bahwa Ho yang menyatakan tidak ada perbedaan rata-rata nilai mahasiswa yang diperoleh sebelum dan setelah diperkenalkan software bantu ditolak, berarti ternyata pembuatan modul digital e-commerce memberikan perbedaan dampak nyata merujuk pada rata-rata nilai yang diperoleh mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan modul digital.

PENUTUP
Dari pembahasan diatas dapat ditarik suatu kesimpulan yang berkaitan dengan pengembangan rancangan aplikasi e-commerce yang merupakan luaran dari penelitian ini:
  1. Modul secara efektif menyelesaikan tujuan dalam bidang ketersediaan modul fisik dan menjembatani kebutuhan infrastruktur.
  2. Nilai tambah (Added Value) melekat pada modul, dimana setiap aspek yang berkaitan dengan ketersediaan alat dan infrastruktur dapat dijembatani dengan demo pada modul secara offline.
  3. Pengembangan pada kebutuhan akselerasi dengan perkembangan kurikulum dapat disesuaikan dengan melakukan generate pada master modul sebagai bentuk sustainabilitas.
  4. Modul yang disusun telah sesuai dengan kaidah teknis dan implementasi kurikulum yang dikembangkan pada mata kuliah electronic commerce. Ada perbedanan signifikan anatara kelompok mahasiswa (dalam presepsi pemahaman konsep teori dan hasil praktikum) pada kelompok yang dalam pendekatannya menggunakan alat bantu pengajaran berupa modul aplikasi simulasi yang dikembangkan dalam luaran penelitian rancang bangun ini dengan kelompok mahasiswa (kelas) yang tidak menggunakan pendekatan simulasi dalam penyampaian kuliah.
UCAPAN TERIMAKASIH
Ucapan terimakasih disampaikan kepada DIKTI selaku penyelenggaran program penelitian dosen muda, mahasiswa Administrasi Niaga konsentrasi Bisnis Internasional yang memberikan penilaian fitur-fiur aplikasi (contol assesment) yang mengukur efektifitas software ini, terima kasih kepada UP2M Polines selaku pengelola kegiatan penelitian ini dan memberikan evaluasi dan arahan bagi tercapainya objektif penelitian, serta pihak-pihak yang tidak dapat kami sampaikan satu persatu, terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Davis, William S., 1983 “Systems Analysis And Design : A Structured Approach, Addison-Wesley Publishing Company” - White Paper
David Baum. 1999 . “Bussiness Links”. Oracle Magazine. No 3 Vol XIII
Faizal Kamal, 2001, “Cyberbussines” , Elexmedia Komputindo, Jakarta
Irawan & M. Suparmoko, 1992, “Ekodinamika Pembangunan”, BPFE, Yogyakarta Jonassen, (1995). Supporting communities of learners with technology: A vision for integrating technology with learning in school. Educational Technology, 35(5), 16(63).
Kommers, P., Jonassen, D.H. & Mayes T. (Eds). (1992). Cognitif tools for learning. Hidelberg FRG: Springer-Verlag
Linn, M. C. (1998). Using accessment to improve learning outcomes: Experience from the knowledge integration environment (KIE) and the computer as learning partner (CLP).
Lucas JR, Henry C., 1987, “Analisis, Desain, Dan Implementasi Sistem Informasi”, Penerbit Erlangga, Edisi Tiga, Jakarta
Rikardus E. Indrajit, Dr, Ir, 2002, “Konsep dan Aplikasi e-Bussines” , ANDI, Yogyakarta
Shariffudin Rio Sumarni, 1999, “Ucaptama Seminar Pendidikan Sains”, Fakulti Pendidikan, Universiti Malaya

Newer Prev Home