7.8.12

Jaman Dulu Membuat Program untuk Melodi Musik Itu Penuh Tantangan.. Mau Coba Tantangan Membuat Musik dari Bahasa Basic?

ARTIKEL KOMPUTER BISNIS #06
Dulu tahun 1980 akhir-1990an awal kalo membuat melodi music dari komputer DOS. Mari bernostaligia membuat Music dari Bahasa Pemprograman GW Basic, Setelah bekerja Keras musiknya muncul deh.. itu juga kalo sintax programnya bener, tapi suarannya asyik lho.. tapi jangan dibandingin suarannya dengan audio 2 chanel atau suround 8 chanel ya.. Suara melodi program basic amuncul dari spreker yang ada di PC.

Dalam era tehnologi modern, akselerasi teknologi global dengan mengebangkan bahasa-bahasa pemrograman protokol dan Java (teknologi globalisasi) bahasa permrograman untuk mendukung zaman ekonomi kelima, tidak ada salahnya untuk menengok bahasa pemrograman jadul (bahasa pemrograman komputer generasi ketiga), dimana dinamika dari pertumbuhan dan perkembangan bahasa pemrograman aras rendah berupa bahasa mesin (binnary language) telah banyak ditinggalkan oleh programer maupun lingkungan pendidikan bagi pembelajaran logika dan algoritma. Bahasa dasar yang populer saat ini digunakan dalam membangun logika dasar peta pseduo code adalah semisal bahasa pascal dan C+, atau langsung dengan mengembangkannya dalam bahasa pemrograman berorinetasi objek. Namun demikian model desain flochart yang dikembangkan dalam pembahasan sebelumnya (lihat materi: artikelalgoritma dan flowchart) yang mengenalkan pembuatan algoritma yang didesain dengan pendekatan bagan alir atau flowchart dengan berbasis bahasa basica/ gwbasic.

Berikut ini merupakan konsep dasar sistem musik dan pendekatan intruksi logika dengan menggunakan alur bahasa pemrograman dasar yang dijalankan dengan aplikasi basica/ gw basic. Mungin dari temen2 telah ada yang mengenal bahasa pemrograman jaman 1980 sampai awal 1990, saat hobi utak-utik code pemrograman, karena memang tahun-tahun segitu belum ada sih musik format mp3, ngebuat file musik dengan bahasa pemrograman sih jaman segitu tergolong mewah.
Beberapa logika dasar instruksi pemrograman basica musik. Aplikasi Basic dalam penyusunan program musik, disediakan 3 (tiga) perintah khusus : BEEP, PLAY dan SOUND

BEEP, biasanya digunakan untuk membunyikan speker dengan nada dan waktu tertentu. Biasanya nada ini dipergunakan untuk peringatan atau pemberitahuan. PLAY, perintah play dibuat praktis agar mudah dipahami. Bentuk umum perintahnya adalah : PLAY String. Sedangkan String berisi dari karakter yang akan dibunyikan. Dimana string bisa berupa karakter string, variabel string atau kombinasinya.

Adapun string berisi karakter-karakter sebagai berikut :

A          B          C          D          E          F          >n
G          #          +          -           On        Nn
Ln         Nn        .           Pn        Tn        Mf       
MB       MN       ML        MS       Xj

Setiap Karakter mempunyai efek tertentu dengan n berisikan nilai dari parameter tertentu.
Karakter A sampai dengan G, setiap karakter menyatakan satu not. Contohnya dapat pada tabel berikut. Dimana tabel ini berlaku untuk kunci nada C.
Karakter            Suaranya
C                       Do       
D                       Re
E                       Mi
F                       Fa
G                      Sol
A                      La
B                      Si
C                     Do

Jika dirubah nadanya, misalnya : F#, maka seluruh isi tabel ikut berubah. Contoh:
Karakter        Suaranya
F#                   Do       
Ab                   Re
Bb                   Mi
B                     Fa
Db                   Sol
Eb                   La
F                     Si
F#                   Do


Penulisan Not Setengah nada, dinyatakan dengan simbol # atau +.
Karakter On dipakai untuk menentukan oktaf yang akan dipakai. Ada 7 oktaf yang bisa dipilih dengan nomor dari 0 sampai 6. Oktaf standar yang dipakai adalah 4.
Karakter Nn dipakai untuk memainkan nada n. Dengan n bernilai antara 0 sampai 84. Nn dipakai untuk mempersingkat penulisan tangga nada ( A sampai dengan G) serta penentuan oktafnya melalui On.
Karakter Ln dipakai untuk mentukan panjang dari nada berikutnya. Panjang nada ditentukan oleh rumus:1/n dengan n bernilai 1 sampai 64.

Contoh:
Karakter            Panjangnnya
L1                     satu nada
L2                    setangah nada
L3                    seperempat nada
L4                    seperenampuluhempat nada

Karakter Pn dipakai untuk menentukan panjang waktu istirahat. Nilainya berkisar antara 1 sampai 64. cara penentuan Pn adalah sama seperti cara penentuan Ln.
Karakter . (titik) dipakai untuk memperpanjang nada. Dimana titik di depan suatu nada akan memperpanjang nada tersebut dengan ½ kali panjang nada tersebut.SOUND, Penyusunan program lagu atau nyanyian dengan SOUND hanya dapat dilaksanakan jika anda mengetahui frekunesi dari setiap nada dari not yang dilaksanakan.
Syintax : SOUND frekunsi,durasi

Frekuensi yang di ijinkan berkisar antara 37 sampai 32767 Hertz
Durasi yang diperkenankan oleh perintah SOUND bernilai antara 0 sampai 65535.

Apabila temen-teman telah belajar logika algoitma dan flowchart sebelumnya menggunakan bahasa pemrograman basica tentunya telah mulai familiar dengan alur pembuatan program berikut, mohon untuk dikoreksi sekalian ya.

Contoh Listing Program Music- 01: Lagu Burung Kutilang
100   CLS : KEY OFF
110   CATE 2,30:COLOR 16,7,1:PRINT “BURUNG KUTILANG”
120   PLAY “MN T100 L4 O2”
130   DATA “DIPUCUK POHON CEMARA”
140   DATA “E8F8GG8F8E8D8C8D8E2.”
150   DATA “BURUNG KUTILANG BERBUNYI”
160   DATA “A8B8>C.D8C8
170   DATA “BERSIUL-SIUL SEPANJANG HARI”
180   DATA “A8G8FFFG8F8EEE”
190   DATA “DENGAN TAK JEMU-JEMU”
200   DATA “D8E8F.G8ABG2.”
210   DATA “BERAYUN-AYUN SAMBIL BERSERU”
220   DATA “B9>C8DC
230   DATA “TRI  LI  LI  LI  LI  LI  LI“
240   DATA “G8>E8D.C8E8D8C2.<”
250   DATA “BERAYUN-AYUN SAMBIL BERSERU”
260   DATA “B9>C8DC
270   DATA “TRI  LI  LI  LI  LI  LI  LI”
280   DATA “G8>E8D.C8E8D8C2.”
290   FOR A = 1 TO 8
300   READ C$, A$
310   LOCATE 4+2*A,29 : COLOR : 0,7,1 : PRINT C$
320   PLAY A$
330   NEXT A : COLOR 7,0,0
340  END


Contoh Listing Program Music- 02: Lagu Cicak-Cicak didining
80    PLAY “ML L4 O2 T200”
90    FOR A 1 TO 4
100  READ A$
110  PLAY A$
120  NEXT : END
130  DATA “GEGEEFG2”
140  DATA “FDFAGFE2”
150  DATA “AFAFAB>C2”
160  DATA “CP4


NB: btw apabila saya salah ketik listingnya, dibenerin email ke saya ya.. hehe

--------------------------------------------
Berikut merupakan video tutorial mengenai penggunaan aplikasi gwbasic, yang disematkan dari YouTube. selamat mencoba!

Pengenalan Penggunaan Aplikasi GwBasic - 01


Pengenalan Penggunaan Aplikasi GwBasic - 02




Artikel Relevan Lainnya...

Newer Prev Home