ARTIKEL KOMPUTER BISNIS #06
Dulu tahun 1980 akhir-1990an awal kalo membuat melodi music dari komputer DOS. Mari bernostaligia membuat Music dari Bahasa Pemprograman GW Basic, Setelah bekerja Keras musiknya muncul deh.. itu juga kalo sintax programnya bener, tapi suarannya asyik lho.. tapi jangan dibandingin suarannya dengan audio 2 chanel atau suround 8 chanel ya.. Suara melodi program basic amuncul dari spreker yang ada di PC.
Dalam era tehnologi modern, akselerasi teknologi global dengan mengebangkan bahasa-bahasa pemrograman protokol dan Java (teknologi globalisasi) bahasa permrograman untuk mendukung zaman ekonomi kelima, tidak ada salahnya untuk menengok bahasa pemrograman jadul (bahasa pemrograman komputer generasi ketiga), dimana dinamika dari pertumbuhan dan perkembangan bahasa
pemrograman aras rendah berupa bahasa mesin (binnary language) telah
banyak ditinggalkan oleh programer maupun lingkungan pendidikan bagi pembelajaran
logika dan algoritma. Bahasa dasar yang populer saat ini digunakan dalam membangun logika dasar peta pseduo code adalah semisal bahasa pascal dan C+, atau langsung dengan mengembangkannya dalam bahasa pemrograman berorinetasi objek. Namun demikian model desain
flochart yang dikembangkan dalam pembahasan sebelumnya (lihat materi: artikelalgoritma dan flowchart) yang mengenalkan pembuatan algoritma yang didesain dengan
pendekatan bagan alir atau flowchart dengan berbasis bahasa basica/ gwbasic.
Berikut ini merupakan konsep dasar sistem musik dan pendekatan intruksi logika dengan menggunakan alur bahasa pemrograman dasar yang dijalankan dengan aplikasi basica/ gw basic. Mungin dari temen2 telah ada yang mengenal bahasa pemrograman jaman 1980 sampai awal 1990, saat hobi utak-utik code pemrograman, karena memang tahun-tahun segitu belum ada sih musik format mp3, ngebuat file musik dengan bahasa pemrograman sih jaman segitu tergolong mewah.
Beberapa logika dasar instruksi pemrograman basica musik. Aplikasi Basic dalam penyusunan program musik, disediakan 3 (tiga) perintah khusus : BEEP, PLAY dan SOUND
BEEP, biasanya digunakan untuk membunyikan speker dengan nada dan waktu tertentu. Biasanya nada ini dipergunakan untuk peringatan atau pemberitahuan. PLAY, perintah play dibuat praktis agar mudah dipahami. Bentuk umum perintahnya adalah : PLAY String. Sedangkan String berisi dari karakter yang akan dibunyikan. Dimana string bisa berupa karakter string, variabel string atau kombinasinya.
Adapun string berisi karakter-karakter sebagai berikut :
A B C D E
F >n
G # + - On Nn
Ln Nn . Pn Tn Mf
MB MN ML MS Xj
Setiap Karakter mempunyai efek tertentu dengan n berisikan nilai dari parameter tertentu.
Karakter A sampai dengan G, setiap karakter
menyatakan satu not. Contohnya dapat pada tabel berikut. Dimana tabel ini
berlaku untuk kunci nada C.
Karakter Suaranya
C Do
D Re
E Mi
F Fa
G Sol
A La
B Si
C Do
Jika dirubah nadanya, misalnya : F#, maka seluruh isi tabel ikut berubah. Contoh:
F# Do
Ab Re
Bb Mi
B Fa
Db Sol
Eb La
F Si
F# Do
Penulisan Not Setengah nada, dinyatakan dengan simbol # atau +.
Karakter On dipakai untuk menentukan oktaf yang akan dipakai. Ada 7 oktaf yang bisa dipilih dengan nomor dari 0 sampai 6. Oktaf standar yang dipakai adalah 4.
Karakter Nn dipakai untuk memainkan nada n. Dengan n bernilai antara 0 sampai 84. Nn dipakai untuk mempersingkat penulisan tangga nada ( A sampai dengan G) serta penentuan oktafnya melalui On.
Karakter Ln dipakai untuk mentukan panjang dari nada berikutnya. Panjang nada ditentukan oleh rumus:1/n dengan n bernilai 1 sampai 64.
Contoh:
Karakter Panjangnnya
L1 satu nada
L2
setangah nada
L3 seperempat nada
L4 seperenampuluhempat nada
Karakter
Pn dipakai untuk menentukan panjang waktu istirahat. Nilainya berkisar antara 1
sampai 64. cara penentuan Pn adalah sama seperti cara penentuan Ln.
Karakter
. (titik) dipakai untuk memperpanjang nada. Dimana titik di depan suatu nada akan
memperpanjang nada tersebut dengan ½ kali panjang nada tersebut.SOUND,
Penyusunan program lagu atau nyanyian dengan SOUND hanya dapat dilaksanakan
jika anda mengetahui frekunesi dari setiap nada dari not yang dilaksanakan.
Syintax
: SOUND frekunsi,durasi
Frekuensi yang di ijinkan berkisar antara 37 sampai 32767 Hertz
Durasi
yang diperkenankan oleh perintah SOUND bernilai antara 0 sampai 65535.
Apabila
temen-teman telah belajar logika algoitma dan flowchart sebelumnya menggunakan
bahasa pemrograman basica tentunya telah mulai familiar dengan alur pembuatan
program berikut, mohon untuk dikoreksi sekalian ya.
Contoh Listing Program Music- 01: Lagu Burung
Kutilang
100
CLS : KEY OFF
110
CATE 2,30:COLOR 16,7,1:PRINT
“BURUNG KUTILANG”
120
PLAY “MN T100 L4 O2”
130
DATA “DIPUCUK POHON CEMARA”
140 DATA “E8F8GG8F8E8D8C8D8E2.”
150
DATA “BURUNG KUTILANG BERBUNYI”
160 DATA
“A8B8>C.D8C8
170
DATA “BERSIUL-SIUL SEPANJANG
HARI”
180 DATA “A8G8FFFG8F8EEE”
190
DATA “DENGAN TAK JEMU-JEMU”
200 DATA “D8E8F.G8ABG2.”
210
DATA “BERAYUN-AYUN SAMBIL
BERSERU”
220 DATA
“B9>C8DC
230
DATA “TRI LI
LI LI LI LI LI“
240 DATA
“G8>E8D.C8E8D8C2.<”
250
DATA “BERAYUN-AYUN SAMBIL
BERSERU”
260 DATA
“B9>C8DC
270
DATA “TRI LI
LI LI LI
LI LI”
280 DATA
“G8>E8D.C8E8D8C2.”
290
FOR A = 1 TO 8
300
READ C$, A$
310
LOCATE 4+2*A,29 : COLOR : 0,7,1
: PRINT C$
320
PLAY A$
330
NEXT A : COLOR 7,0,0
340 END
Contoh Listing Program Music- 02: Lagu Cicak-Cicak
didining
80 PLAY “ML L4 O2
T200”
90 FOR A 1 TO 4
100 READ A$
110 PLAY A$
120 NEXT : END
130 DATA “GEGEEFG2”
140 DATA “FDFAGFE2”
150 DATA “AFAFAB>C2”
160 DATA “CP4
NB: btw apabila saya salah ketik
listingnya, dibenerin email ke saya ya.. hehe
--------------------------------------------
Berikut merupakan video tutorial
mengenai penggunaan aplikasi gwbasic, yang disematkan dari YouTube. selamat
mencoba!
Pengenalan Penggunaan Aplikasi GwBasic - 01
Pengenalan Penggunaan Aplikasi GwBasic - 02
Artikel Relevan Lainnya...