4.5.12

Cara Menempatkan Web Toko Online di Halaman Pertama Pencarian Google dengan Melakukan Optimasi SEO pada Website Blog Baru


MEMPERBAIKI PRINGKAT LAMAN BLOG 
PADA MESIN PENCARI GOOGLE
Artikel e-Commerce.
Strategi Optimalisasi Blog mapun model eCommerce yang melakukan penetrasi promosi secara online adalah dengan mendaftarkannya untuk disebar (di desiminasikan) melalui media internet, permasaahan yang muncul dalam konsep Search Engine Optimation atau dikenal istilah  SEO; dimana dinamika konsep " cybermarketing " di zaman ekonomi kelima ini adalah : bagimana agar situs kita menjadi ranking 1 di google ? atau juga bagaiman laman situs menjadi nomor satu di yahoo ? dan termasuk rekan-rekannya search engine top lainnya!; tentu saja dengan konteks bagaimana memanfaatkan fitur-fitur dukung (supporting tools) yang banyak tersebar di internet?, khusnya apalagi yang gratisan seperti mencari dan menggunaan tag meta engine HTML yang ditanamakan di body script blog atau web kita, sosial bookmark, mengembangan jejaring sosial networking, melakukan visiting blog walking (atau aktivitas kegiatan saling menggunjungi situs orang lain), atau juga efektiitas SEO dicari dengan rajin menulis artikel secara berkala dan mendafatkannya [ di add url BING ], aupun juga mendaftarkan di [ add url GOOGLE ], atau dengan menuliskan artikel mengenai ALEXA; merupakan banyak metode yang menyisakan pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana cara menempatkan situs dihalaman pertama mesin pencari search engine merupakan pertanyaan yang belum terjawab secara optimal; masih merupakan PR saya.
Padahal keinginan saya adalah mencoba adalah mengekplorasi [ metode konsep ] dalam perang perniagaan virtual ( global cyber marketing ) dengan paradigma: " bagaimana menjadi dihalaman pertama " degan kata kunci yang minimal dan praktis; tanpa bayar jasa layanan SEO tentunya. Perang pasar online modern adalah dengan mencari konsumen potensial ( ket: konsumen ada dua macam, konsumen aktual dan konsumen potensial; konsumen potensial adalah calon pembeli yang telah masuk dan melihat-lihat produk kita, masuk dapat diartikan pada suatu toko; entah toko online virtual atau toko pisik, maka disebut konsumen potensial; sedangkan konsuem aktual adalah konsumen yang telah masuk di area niaga dan telah mengeluarkan uang untuk melakukam transaksi ). Nah, konsumen potensial ini dalam ilmu ekonomi harus digarap juga; konsumen potensial akan menyimpan referenasi dalam pikiran bawah sadar mereka mengani produk kita lengkap refrensi komparasi kopetitor sampai dengan atribut produk kita yang mana suatu saat (apabila mungkin) dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, atau mereka melakukan pembelian langsung (tertransformasi menjadi konsumen aktual). Demikain juga dalam era perdagangan online commerce, dimana konsumen potensial memliki indiktor yang digambarkan dengan page previws, whos online yang melekat pada blog atau laman situs kita. Beberapa penyedia fitur visitor statistik ada yang memetakannya dengan konsep geografis, memetakan jumlah kunjungan perjam, memetakan dengan asitektur term per kata kunci atau query keyword startegis yang dicari pengunjung.  

Walaupun blog ini, tapi saya memang belum optimal dalam prestasi pencarian SEO di mesin pencari, masih perlu belajar banyak mengani desain SEO. Namun dari eksperimen saya samapi saat ini hal mendasar dari mengapa blog saya tidak populer adalah ternyata artikel saya banyak salah ketik, kesalan ketik ini permasalah krusial ternyata dimana hal mendasar dan terpenting dalam konsep SEO, kesalahan ketik menjadikan kosa kata tidak standar dan sulit dicari, hanya user yang sering melakukan kesalahan kertik saja yang bisa mencari artikel ini. Sehingga Langkah awal yang dapat saya bagikan melalui tulisan ini mengenai SEO adalah belajar menyusun kalimat yang baik dan cara penulisan benar, coba pikirkan apa yang kira-kira orang lain ketikan di mesin pencari untuk mencari artikel atau produk kita, lihat daftar query kata yang adaa diwebmaster kita, lihat potensi pencarian yang disediakan layanan HITSTAT, ALEXA dan lainnya untuk digunakan sebagai modal menyusun artikel dan tulisan blog atau tips untuk menarik konsumen potensial yang ujung-ujungnya tentunya membeli produk yang kita tawarkan.  Intinya cobalah mengembangan rumus membangun artikel berbasis pada [ query keyword ] populer yang diminati pengunjung laman situs atau blog kita.
Mari kita mencoba dan berbagi!sebagaimana membangun sebuah kalimat yang tersusun atas Term pilihan kata ( diksi ); konsep kata kunci majemeuk query maupun kata kunci singgel dari proses pencarian oleh penggunjung dapat kita kembangkan dalam menulis sebuah artikel.

  ----------------------------------------------------
Blog general maupun blog commerce menjadi suatu fenomena globalisasi yang menarik untuk dicermati, dengan dukungan aplikasi feature tambahan maupun script dukung yang banyak bertebaran di Internet memberikan desaianer dari pemula sekalipun dapat mengembangkan berbagai tujuan blog. Namun dinamikannya seringkali tidak semua blog mendapatkan rating yang memenuhi ksuksesan yang sebading dengan usaha mereka membuat artikel-artikel tulisan yang baik. Seringkali mesin pencari mengabaikan ataupun sedikit pembaca yang dapat menemukan blog kita.

Meninggalkan optimasi blog merupakan suatu kesalan fatal, kendatipun blog anda memiliki banyak pengikut (follower), Ada beberapa alasan mendasar mengapa optimasi blog adalah berbeda dari teknik Search Engine Optimization (SEO) yang digunakan untuk situs web CMS standar. Dimana blog terdaftar di gratis, dengan platform general, yang mana dijalankan di domain (penyedia layanan blog), yang seringkali memiliki kelemahan, yang dapat sangat mempengaruhi performa peringkat .

Video Berikut merupakan Tutorial Bagaimana Men-submit Laman Situs untuk meningkatkan
SEO, Backlink dan Traffic.


 Hal ini pada awalnya tidak tampak jelas mempengaruhi performa kinerja, namun tipe dari sebuah template blog merupakan suatu yang sangat penting dan strategis. Dimana layout yang digunakan mungkin Kita pikir, layout yang kita kembangkan telah enak untuk dilihat demikian juga pembaca potensial kita natinya, namun belum tentu dan berarti juga mesin pencari (search engine) menyukainnya. Bahkan tidak jarang disain template yang digunakan malah menurunkan jumlah pengunjung dari blog yang kita bangun, tidak terjamah oleh mesin pencari sehingga memiliki jumlah pembaca yang sedikit.  Nntinya kita selalu berugsaha untuk mencoba melalukan optimalisiasi dari blog yang kita kembangkan, dimana tidak hanya memfoksukan dengan menjaing user, netter dari pengikut, namun mengoplimalkannya untuk menarik pengunjung melakukan kunjungan ulang pada blog kita. Kita dapat juga memancingnya dengan memberikan tools, aplikasi, artikal berkualitas untuk menciptakan kesenangan pengunjung blog kita sepanjang kita sanggup memenuhinya. Hal ini seringkali menjadi efektif ketika kita mendapatkan penggunjung blog yang merasa puas, meraka akan dengan senang hati juga untuk menyebar-luaskan blog kita, sehingga dengan demikian kita membentuk jalan mengembangkan blog kita secara alami melalaui jalur-jalur interaksi dengan situs lain.

Optimalisasi merupakan pekerjaan yang tidak pernah berhenti, bahkan untuk blog dengan jumlah pengunjung yang banyak sekalipun membutuhkan usaha perawatan untuk mempertahankan peringkat meraka dalam lingkup pencarian dalam mesin pencari (search engine). Berikut beberpa masukan sebagai sharing pemikiran, yang munkin dapat kita gunkan untuk meningkatkan rating blog kita :

A. Sesuaikan Default Tamplate

Kita dapat memperbaiki custom template yang telah ada, melalui perubahan edit HTML, maupun memperbaiki layout tampilan dengan memerikan definisi keyword didalamnya untuk memperbaiki performa dari desain template yang telah kita gunakan.
B. Hindari Pemilihan Warna yang Tidak Menarik
Pemilihan warna dapat kita sesuaikan dengan segmen dari blog kita, tema apa yang akan kita fokuskan pada blog kita, pemilihan tulisan formal dan gaul, warna pink masialnya untuk menciptakan suasana nyaman pada segmen girly. Atau segmen dengan warna-wana pastel yang memberikan kean ceria dan energik pada lingkungan ABG dan remaja. Warna yang matang dan memiliki kekerabatan dengan warna-warna gelap, dapat menjadi rujukan apabila arah blog Anda untuk segmen mature. Sehingga tampilan warna memebikan kesan pertama atas konten pada blog yang kita kembangkan.
Gunakan RSS – Really Simple Syndication
RSS merupakan fitur utama yang harus Anda miliki, yang mana akan memastikan folloer kita tidak kelihangan berita update aktulan dari post yang kita buat. Hosting blog yang tidak memberikan fasilitas RSS merupakan suatu yang merugikan dalam optimalisasi Blog. Tambahkan logo RSS yang dapat cukup untuk dilihat, penggunaan RSS dari penyedia template yang biasanya di pojok amapun pada tempat-tempat yang tidak dapat ditemukan dengan mudah oleh pembaca menajadi penggunaan fature ini kurang optimal. Pengunjung sering ingin berlangganan newsletter blog, yang mana mereka akan mencari logo RSS biasanya akrab dengan warna oranye, serta ikon standar lain yang ditemukan di situs blog kita, maupun interaksi dalam dan situs jaringan sosial yang diminati secar umumdpat digunakan sebagai difusi dari blog kita.
C. Lakukan Interaksi dengan E-Mail dan Guest book
Mungkin tidak semua netter menggunakan RS, karenanya kita mungkin dapat menawarkan pada pembaca yang memiliki ketertarikan dengan posting blog kita melalui email. Ataupun kita kembangkan dengan membuat buku tamu untuk memfasilitasi pertanyaan dan diskusi posting mengenai blog kita.
D. Formatlah Postingan Blog dengan Benar
Pembaca seringkali tidak menyukai jenis font yang besar dan kontras dengan latar belangkang (background temblate) untuk memudahkan mereka menbaca dengan nyaman. Format yang digunnakan terpotong dalam bahasa kominaktif dalam bentuk paragraf pendek. Tidak ada pengunjung yang menyukai membaca dalam kalimat yang panjang-panjang, dan rumit dalam lingkup blog besar dari ide utama paragaph kita.
E. Jangan Lupa Buat peta Jalan (sitemap) Blog
Buatlah site navigasi untuk memudahkan pengunung anda mengunjungi artikel-artikel Anda terkait, maupun link untuk kembali ke halaman utama. Direktori layout yang baik akan membantu kita mendapatkan keuntungan memlalaui promosi dari psting blog yang menarik.
F. Persedikit Wigets yang kita gunakan
Wigets akan membuat tampilan Blog kita jadi lebih cool dan menarik, namun bukan berarti blog kita juga semakin power-full. Terlalu banyak java script dapan memeperlambat situs kita dan menjadikannya tidak menarik karena susah untuk ditampilkan.
G. Berikan deskripsi judul yang merarik
Judul menarik sering mengakibatkan klik yang lebih tinggi melalui tarif. Pembaca blog akan tertarik dan klik pada blog kita bukan satu dengan pos biasa. Pastikan bahwa judul kita cocok dengan konten yang ada. Orang tidak ingin tertipu.
H. Buatlah Posting secara berkala
Buatlah posting yang tidak hanya untuk menaikan ranking kita saja, berkerjalah dengan perlahan buatlah volume post dengan sewajarnya, perhatikan kulitas tulisan yang memiliki muatan sejalan dengan segemen yang kita pilih untuk menjaga agar pembaca balog merasa dihargai.
I. Berteman dengan Link
Referensi merupakan kebutuhan informasi dalam artikel blog, namun jangan lupa untuk membernytuk link kembali ke sumber artikel aslinya. Dengan memasukkan link tersebut ke blog, Kita dapat membuat blogger lain menyadari eksistensi blog kita. Menambahkan link akan meningkatkan pertemanan baik dan menaikan lalu lintas mereka juga.
J. Membuat Artikel Orisinil
Bloglain maupun netter akan menyenangi suatu artikel yang unik dan aktual dan membuat link dengan blog-blog atau meninggalkan rekam jejak dalam situs yang mereka senanggi, mari kita bangun artikel orisinil untuk menunjang optimaliasi blog kita.
K. Bekerja dengan SEO
Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan di kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif adalah melalui search engine atau mesin pencari.  Mesin pencari sangat banyak sekali, dan saat ini yang terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, serta Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka. Bila ada yang belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya, maka silahkan simak tulisan berikut :

Daftar Google
Setelah kita mendapatkan SITEMAP anda, maka dafatrkan pula ke Webmaster dari Google, dimana selanjutnya lakukan pendaftaran URL anda ke google, silahkan anda kunjungi http://www.google.com/addurl/, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan : URL –> Isi dengan URL blog anda.Comments –> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog anda. Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersediaKlik tombol Add URL Selesai. Setelah anda melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak serta merta blog anda terindeks pada mesin pencarinya, akan tetapi memerlukan 3 - 4 minggu baru blog anda bisa terindeks, namun ada kalanya Google telah mengindex nya dalam waktu yang capat.

Daftar Yahoo!
Untuk yahoo! Silahkan kita dapat menggunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. namun untuk mendaftar ke yahoo, harus mempunyai account yahoo, untuk melakukan login terlebih Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL anda, kemudian klik tombol Add URL, selesai. Jika ingin memasukan alamat feed sekalian, anda bisa memasukannya. Ingat, alamat feed di blogger hanya tinggal menambahkan atom.xml atau rss.xml di belakang uRL blog anda, contoh : http://iwanpolines.blogspot.com/atom.xml

Jangan Lupa daptarkan ke BING juga dengan langkah-langkah optimalisasi yang sama. bisa merujuk ke alamat : http://www.bing.com/toolbox/submiturlnothanks?from=toolbox
Langkah lainnya yang lebih praktis adalah dengan melakukan pendafatar ke FreeWebsubmision, yang mana kita tinggal mendefisnikan berupa kata kunci ( keyword ), dan memilih mesin pencari yang akan kita daftarkan situs kita, pemberitauan dan aktivasi dilakukan melalui email. Alatu kalo kita punya waktu senggang bereksperimen cari dengan kata kunci +WEB +SUBMISSION atau "WEB SUBMISSION" +FREE  di Google dan Kita akan dapatkan list informasi alamat pendaftaran yang selanjutnya dapat kita pilih.

Tampilan FreeWebSubmision




Apabila kita ingin cara lain yang telebih praktis kita bisa mendaftarkan blog kita pada beberpa mesin pencari sekaligus, dengan terindeks pada puluhan mesin pencari, kita bisa menggunakan bantuan situs submitter, seperti http://freewebsubmission.com/ atau pada alamat http://submitexpress.com. Kita hanya mengisi alamat URL blog, serta menuliskan alamat email saja, kemudian klik tombol Submit Your Site dan sistem akan bekerja untuk kita dan tinggal menggontrolnya melalui email.

Strategi Peningkatan Trafic Blog
Meningkatkan Traffic Blog Dengan Social Bookmark –
Memiliki blog adalah merupakan langkah awal dalam berbagi pemikiran dan ide, memiliki blog tidak sekedar hanya menggungahnya di internet, namun juga melakukan diseminasi difusi informasi dari konten blog kita. Membiarkan orang mengetahui ide dan pemikiran kita merupakan kesenangan terendiri dan membuat kita tidak sia-sia menulis suatu artikel atau pun pemikiran.


Beberapa hal yang masih dapat kita lakukan untuk meningkatkan trafic kita salah satunya melakukan bookmark pada situs-situs difusi/ publiser blog seperti salah satunya ada di http://infogue.com dan http://lintasme.com. Kita dapat mendaftar kan situs/ blogsite, Anda hanya membuka page Submitnya, isikan URL Blog atau URL Posting memberikan judul utama, memberikan deskripsi blog yang diperlukan, memilih photo profil yang layak sebagai daya tarik, dan melengkapinya dengan kata kunci (keyword) yang sesuai untuk pencarian di Search Engine. Boookmark dilakukan masukkan akan merujuk ke alamat situs kita, sehingga netter akan mudah mencarinya dan menemukan sumber aslinya. Selain mendatangkan posisi traffic yang baik, blog kita mendapatkan Backlink yang dapat memperkuat posisi kita di Search Engine.

Strategi ini setelah saya pektekkan walaupun belum dikatakan sudah optimal namun telah meningkatkan trafik penggunjung ALEXA untuk teman-teman netter bloger yang punya produk dapat dioptimalkan dengan jaringan sosial seperti FACEBOOK dan TWET agar rankingnya tambah pesat lagi); ayo semangat bereksperimen. Ok



Newer Prev Home