15.4.12

Buku Desain Digital : Media Promosi dan Produksi

DESAIN DIGITAL: MEDIA PROMOSI DAN PRODUKSI
Iwan Hermawan. ISBN : 978-602-9171-07-5.

Tehnologi digital membawa perubahan dalam berbagai sistem dan bidang seperti perdagangan, pemerintahan maupun hiburan, pengelolaan data dan arsip dan informasi yang berupa hardcopy telah berubah menjadi softcopy, dari tahnologi offlline beralih dengan tehnologi online dan Sablon digital. Dukungan elemen-elemen sistem Input-Proses-Output berupa teknologi perangkat keras juga senantiasa memberikan nuansa yang semakin memberikan kemudahan dalam penerapan tehnologi digital dalam berbagai bidang.


Buku ini merupakan produk pengembangan pada model pembelajaran berbasis kurikulum PBE (Production Based Education) yang memberikan arahan belajar mengenai konsep desain grafis dan Animasi selanjutnya model pengembangan Desain Grafis [DG] dikembangkan dalam mata kuliah Periklanan dan mata kuliah Praktek Alat Produksi Promosi. Kemunculan CorelDraw, Adobe Photoshop, PhotoImpact 8.0 mendukung pengolahan grafis, animasi dan katalog album. CorelDraw, Adobe Photoshop, dan PhotoImpact 8.0 akan mendarong penciptaan sumber daya digital secara kualitatif dan kuantitatif, ditinjau dari kemudahan penggunaan perangkat lunak serta kemampuan komponen-komponen yang mendukung berbagai kebutuhan apliksi.

Aplikasi CorelDraw, Adobe Photoshop, dan PhotoImpact yang merupakan intrumen grafis yang dikebangkan dalam JobSheet dapat digunakan untuk merancang grafis dari sebuah kartu nama, kartu ucapan, leflead, cover cd, cover buku mupun poster yang akan Mahasiswa cetak mupun Mahasiswa tempatkan dalam web site Mahasiswa dengan sangat mudah dan artistik. Pada JobSheet ini Mahasiswa akan dijarkan mengenai teknik-teknik koreksi warna dan pencahayaan pada photo mentah. Mahasiswa akan mampu membuat objek dua dimensi, tiga dimensi, menciptakan potongan-potongan objek dengan lembut, menciptakan material-material unik, serta masih bayak yang dapat Mahasiswa lakukan untuk menciptakan kebutuhan imajinasi Grafis.Struktur Penulisan Job-Sheet.Secara garis besar, jobsheet ini terdiri atas sembian pekerjaan utama (core job sheet). Bagian pertama dalam jobsheet ini akan dibahas mengenai beberpa bentuk dasar vektor, raster (image), transformasi dan rotasi yang dikembangkan dalam konsep layer dan layout.


Job # 1 Desain Path Vektor
Pada job ini mahasiswa akan diajarkan mengenai konsep dasar node dan bangun (shape) dengan aplikasi CorelDraw, penekanan pada Job1 adalah mahasiswa dapat melakukan transformasi, mengcopyy secara cepat, melakukan rotasi, memebrikan border line, menciptakan bangun lainnya dari sebuah shape awal denga merubah node menggunakan Adobe CorelDraw.

Job # 2 Desain Multi Shape (Banyak Bangun)
Dalam job ini akan mahasiswa diajarkan dengan mengenalkan konsep banyak bangun dalam suatu kasus desain bentuk (model binatang). Aspek ini menuntut imajinasi mahasiswa dan memahami kareakteristik bentuk bangun yang didalami dalam Job #1 sebelumnya. Pada JobSheet ini menekankan pada penciptaan ide dan imajinasi bangun dengan menggunakan Adobe CorelDraw.

Job # 3 Desain Objek- Image
Dalam jobsheet ini akan dikembangkan mengenai pengunaan material photo dan menekankan penggunaan manipulasi material efek yang dibentuk menggunakan Adobe PhotoShop

Job # 4 Material Desain
Dalam jobsheet ini Mahasiswa melakukan pekerjaan mengelola material photo mentah (raw material) yang digunakan untuk melakukan koreksi photo yang ada berupa memperbaiki warna, pencahayaan, kedalaman dan penguatan kontras maupun efek blur menggunakan Adobe Photoshop.

Job # 5 Desain Makeup Image
Dalam jobsheet ini mahasiswa diminta mengebangkan sebbuah model yang diperoleh dari komptensi Job #3 dan pengelolaan material pada Job # 4 menjadi produk image baru dengan memperhatikan aspek integrasi, perbaikan dan harmonisasi layout dan layer.


Job # 6 Efek Desain
Dalam jobSheet ini mahasiwa akan diajarkan mengenai penegbangan dan pemanfaatan efek yang beraneka ragam menjadi model desain yang variatif dan memberikan kesan hiperbola pada desain yang diciptakannya..

Job # 7 Desain Kreatif
Menegmbangkan aspek imajinatif dari material, grafis, makup menjadi desain iklan dan model informasi yang efektif digunakan sebagai media publikasi. Desan kreatif dikembangkan secara bebas dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada, dan merupakan implementasi kompetensi yang didapatkan dalam job #4, job#5, dan Job #6.

DESAIN SOUVENIR MICE
Video Ecoprint Lution, Youtube.


Job # 8 Desain Leaflead
Setelah Mahasiswa mempu mengatur layout dari objek-objek menjadi sebuah image. Dalam bab ini Mahasiswa akan diterangkan mengenai bentuk leaflead, brosur dan cover CD.


Job # 9 Animasi

Dalam jobsheet ini akan diterangkan konsep image dan frame (fps) dan pengebangannya menggundakan Video F/X dan tansisi frame.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa yang Harus Anda Kuasi ?

Karena PhotoImpact berada akan berjalan dibawah sistem operasi minimal Windows 9.X, maka minimal Mahasiswa harus menguasai perintah-perintah dasar dalam windows 9.X atau versi windows diatasnya. Mahasiswa akan mampu pula untuk menciptakan sinergi grafis dan animasi yang Mahasiswa ciptakan dengan mempelajari perangkat lunak untuk aplikasi pembuatan presentasi seperti MS PowerPoint, Flash, Macromedia Director. Aplikasi pembutan Web Site seperti MS FrontPage, Dreanweaver, maupun penggunaan script. Serta juga sinergi dalam bidang video editing. Grafis dan animasi Mahasiswa dengan tipe File : JPG, GIF dan AVI dapat dikenali dalam pengeloaan video. Buku ini disusun terstruktur, dalam bentuk tahapan-tahapan pembelajaran, sehingga akan mudah bagi seorang pemula sekalipun untuk mempelajari buku ini.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bagi pada Pembaca

Dengan Buku ini diharapkan akan mampu memberikan solusi secara menyeluruh untuk segala permasalahan yang berhubungan dengan teknologi komputer mulai dari hardware, software dan brainware secara terintegrasi.


Didasarkan atas visi misi yang jelas, Buku ini akan dapat membantu para peminat, pengguna, praktisi di bidangn teknologi informasi untuk mendapatkan solusi dan informasi menyeluruh yang profesional, termasuk Mahasiswa pembaca buku ini. Walaupun dalam penyusunan buku ini, kami telah mengalkukan penelitian dan pengkajian mendalam, serta telah berusaha untuk menyajikannya secara sistematis dan terstruktur, namun bagi setap karya tidaklah benar-benar sempurna, sehingga dimungkinkan kebutuhan pembaca akan grafis dan animasi belum terjawab tuntas dengan buku ini, atau masih menemui kesulitan setelah membaca buku ini.


Iwan Hermawan
http://iwanpolines.blogspot.com
email : iwanpolines@gmail.com




 

Newer Prev Home