5.8.12

Charles Babbage, Alan Turning: Sang Tokoh Peletak Dasar Generasi Komputer Modern

ARTIKEL KOMPUTER BISNIS  # 01


Kita dapat mengutak atik komputer untuk berbagai keperluan; seperti: nge-game, chatting, confference e-commerce,  sampai layanan dinamis CMS dan e-gov yang kita nikmati saat ini karena perjuangan pahit getir dari tokoh-tokoh masa lalu yang meletakkan dasar-dasar teori dan pemikiran mengenai komputer dan pengebangannya tidak semua tokoh tersebut berakhir dengan nasib yang manis. Merekalah Charles Babage dan Alan Turning.


B. CHARLES BABBAGE 

Charles Babbage yang dikenal denan "bapak komputer" lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, Kemampuandalam ilmu  matematika sangat menonjol, Charles mendapati bahwa kemampuan matematikanya sangat baik, bahkan daripada tutornya sendiri.  Charles Babbage telah banyak memberikan karyanya bidang komputer. Tahun 1821 Babbage menciptakan -Difference Engine-, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel lagika Matematika. Saat melengkapi mesin tersebut di tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika. 


Mesin ini dinamakan Analytical Engine (1856), yang dimaksudkan sebagai mesin pe-manipulasi simbol umum.  Sembilan tahun kemudian, Luigi Federico Manabrea (seorang insinyur dari Italia) menjelaskan cara kerja Analytical Engine yang dikembangkan oleh Babbage sebelumnya. Karya ini diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace di tahun 1843. Mulailah karya Charles Babbage dikenal. Meskipun jerih payah dari Charles Babbage dihargai oleh berbagai institusi ilmu pengetahuan dan sains, namun Inggris mulai menghentikan pendanaan untuk Difference Engine (1832), dan akhirnya resmi dihentikan 1842, sehingga pemikiran Difference Engine yang hanya terwujudkan dalam rencana dan desain.  Charles Babbage juga seorang ahli cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher), Babbage (1839) medapat gelar the Lucasian chair of mathematics (gelar professor matematika paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge. Dibalik seluruh keberhasilannya, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kegagalan bantuan pemerintah kepadanya, meninggalkan Babbage dalam kecewaan dan kesedihan di akhir masa hidupnya. Babbage meninggal di rumahnya di London pada tanggal 18 Oktober 1871.

B. ALAN TURNING

Alan Turing, Alan Mathison Turing (1912-1954) seorang peneliti matematika dan komputer, Lahir di Maide Vale, London, Inggris dan tanggal 23 Juni 2012 telah juga diperingati GOOGLE pada 100 Tahun Kelahirannya.  Turing, terlahir sebagai anak dengan kelas ekonomi menengah-atas dalam lingkungan keluarga Inggris, namun perlakuan yang biasa dilakukan keluarga menengah atas dengan mengirimnya ke sekolah asrama turut membentuk karakter Turing. Alan  mengalami kondisi sulit bersosialisasi (aneh) dibanding yang teman-teman sebayannya. Alan merupakan seorang dari periset dan pendobrak generasi komputer modern digital pertama. Dan merupakan orang pertama yang berpikir menggunakan fungsi intelegensi dan pemrograman dalam pengebangan PC general purposes computer,  melalui pengembangan kecerdasan buatan (AI). Turing mencetuskan tes Turing. Namanya diabadikan dalam nama Penghargaan Turing. 'Turing test'  dikerjakan, hingga saat ini masih menjadi core dari filosofi 'mesin cerdas.' Turing menonjol sebagai pahlawan Inggris dengan membuktikan kepiawaiannya memecahkan kode rahasia musuh, saat bekerja di Buckinghamshire Inggris. Di sini ia memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman, yang menyediakan data intelijen penting bagi Sekutu. Dia memimpin sebuah tim yang merancang sebuah mesin yang dikenal sebagai Bombe yang berhasil menterjemahkan pesan Jerman. Dia menjadi tokoh terkenal dan agak eksentrik di Bletchley. Setelah perang dunia 2 selesai, Alan Turing berubah pikirannya untuk pengembangan mesin yang secara logis akan memproses informasi. Dia bekerja pertama untuk National Physical Laboratory (1945-1948). 


Rencananya itu ditolak oleh rekan-rekannya dan laboratorium yang diusulakn untuk proyek tersebut kalah untuk menjadi yang pertama merancang sebuah komputer digital. Mesin yang diciptakannya berbasis logika digunakan untuk memecahkan pesan tersandi yang disampaikan oleh mesin Enigma milik Jerman. Banyak dipercayai ahli sejarah bahwa peneman  mesin cerdas Turing berhasil merupakan terobosan untuk mempersingkat Perang Dunia II hingga dua tahun.  Pada tahun 1952, Turing ditangkap dan diadili atas tindak pidana homoseksualitas. Untuk menghindari penjara, ia menerima suntikan estrogen selama setahun, yang dimaksudkan untuk menetralkan libidonya. Pada masa itu, homoseksual dianggap sebagai sebuah resiko keamanan karena mereka terbuka untuk memeras. Izin keamanan Turing ditarik, berarti dia tidak bisa lagi bekerja untuk GCHQ, penerus pasca-perang untuk Bletchley Park. Turing menghibur diri dengan pekerjaan, namun terkadang kebuntuan dan kegagalan muncul. Turning memakan apel beracun sebelum tidur, kisah bak putri salju yang amat dia sukai, Hal ini membuatnya bunuh diri pada 7 Juni 1954.

Komputer dari generasi ke generasi 



GENERASI PERTAMA
Konrad Zuse (1941) seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, yang digunakannya untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali juga membuat kemajuan dalam pengembangan tujuan spesifik komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard bekerja pada perusahaan IBM, berhasil mengebangkan suatu kalkulator elektronik untuk US Navy. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronikyang menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Perkembangan komputer lain adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University ofPennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. ENIAC merupakan general purpose computer yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Von Neumann Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.  Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama : a) Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal b) Program hanya dibuat dengan bahasa mesin c) Prosesnya kurang cepat d) Orientasi terutama pada aplikasi bisnis e) Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk, f) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas. g) Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin.


 GENERASI KEDUA
Transistor merupakan ciri khas dari kategori era komputer generasi kedua. Pada tahun 1948, penemuan transistor memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum. Akibatnya, ukuran menjadi lebih simpel dengan bahan baku, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor. Komputer yang masuk pada kategori generasi kedua meliputi : IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800. Komputer komersial (1960) memanfaatkan transistor digunakan secara luas dan beredar dipasaran. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.  Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Karakteristik yang dominan pada komputer generasi kedua: a) Transistor b) Kompatibilitas yang terbatas pada tiap komputer yang beda pabrik c) Tidak ada kompatibilitas antar pabrik yang berbeda d) Adanya bahasa pemrograman low-level.

GENERASI KETIGA
Peristiwa terpenting dari sejarah komputer terjadi ketika IBM meluncurkan komputer System 360 Kerangka utama yang mengandung peralatan yang lengkap untuk pemrosesan data  pada masa tersebut (April 1964). System 360 merupakan ke dalam komputer generasi ketiga. Data yang ada disimpan secara kekal dalam Ingatan Utama (ROM) computer. Hal sejalan dengan munculnya kelemahan transistor, walaupun dalam banyak hal telah mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas besar, yang berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Impelmntasi temuan Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semi-konduktor. Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Contoh komputer generasi ini adalah: Apple Computer dan TRS Model 80 dan IBM S/360. Ciri-ciri computer generasi ketiga a) Komponen berupa IC b) Kapasitas memori lebih besar c) Listrik lebih hemat multiprocessing dan multiprogrammming harga semakin murah d) Dapat berkomunikasi dengan komputer lain.

GENERASI KEEMPAT
IBM (1981) memperkenalkan penggunaan PC untuk penggunaan lebih luas seperti di rumah, menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantor, dan maupun pendidikan di sekolah. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih portabel, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dilipat untuk dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar. Pengembanganperangkat wireless (nir kabel dan tehnologi difusinya) mendorong perubahan inustri koputer dan varian model tujuan (general purpose) komputer berkembang sangat pesat. Ciri-ciri computer generasi keempat: a) Menggunakan Large Scale Integration (LSI) yang merupakan pemadatan beribu IC menjadi satu chip/lempengan persegi empat berupa rangkaian terpadu b) Pengguna Microprocessor dan Semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.

GENERASI KELIMA
Dinamika dan kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Ciri-ciri Komputer Generasi kelima sebagai berikut:  a) Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). b)Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb.

Video Tokoh Komuter.
Pengantar Komputer MBI-A. Tomo




REFERNASI ARTIKEL
Jogiyanto, Hartono. 2004. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET.
BIOGRAFI Turning dan Komputer. (2009) Akses:
COMPUTER HISTORY.  http://www.computerhistory.org/
Charles Babbage: Komputer. Sumber 1:Akses




 NB: 
Gambar sumber rujukan, dilihat dicantukan dengan dengan melakukan klik pada gambar yang ada.

Newer Prev Home