5.8.12

Mengenal Defisnis Sistem, Sistem Komputer, Megenal Data dan Lifecycle Data dan Informasi

ARTIKEL KOMPUTER BISNIS # 02

Komputer merupakan alat (tools) yang digunakan untuk melakukan pengelolaan data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, sehingka term kata komputasi sering digunakan untuk kegiatan perosesan data dan statistik. Asal mulanya, pengolahan informasi ini hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer. (dirumuskan kembali dari Wikipedia Indonesia)

Apa itu Komputer?

GCFLearnFree.org Sumber: Youtube

Sistem komputer merupakan suatu rangkaian dari satuan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang memliki tujuan tertentu ( dengan menerima masukan -input, memiliki kegiatan untuk memproses input, dan kemampuan menyimpan intruksi, dan mennampilkan luaran- output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.



Definisi Sistem adalah : Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan. Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi. Sehingga ciri-ciri dari suatu sistem adalah terdiri dari lebih dari satu komponen/ sub-sistem, adanya koordinasi antar sub-ordinat dari sistem, dan memliki tujuan yang sama. Sehingga setiap sistem pasti memiliki Sub-sistem dan dapat juga sekaligus menjadi sub-sistem yang memiliki supra sistem.

Sebagai Contoh. Sistem “Pemerintahan Darerah”, memliki sub sistem (komponen) berupa satuan/ unit pemerintahan Kota/ unit Pemerintahahn Kabupaten. Namun Sistem Pemerintahan Daerah dapat juga menjadi komponen sub sistem dari Sistem “Pemerintaan Nasional” (berbari Pemerintaan Nasional adalah Supra-Sistem dari Pemerintahan Derah) dari Pemerintaahan Daerah. Demikian juga Pemerintah kabupaten/ Kota menjadi Sistem dengan Komponen / sub-Sistem berupa unit Kecamatan, sampai dengan dibawahnya, asal tetap memliki ketiga azas uatam sistem yang dikemukaan di atas.





Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar. Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan (Onno W. Purba : 2000). Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi. Elemen sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.

Lifecycle Information


Sumber :
Youtube. http://youtu.be/JncQL3VbKew
Diupload oleh pada 14 Mar 2011
Penjelasan singkat mengenai data dan informasi berikut contoh analoginya.
Dirumuskan kembali dari Wikipedia Indonesia.

Artikel Relevan Lainnya...

Newer Prev Home